Senin, 09 Februari 2015

Cara Merawat Agar Cucak Ijo Jinak dan Tidak Takut Manusia

Hampir semua burung cucak ijo yang ada di pasaran saat ini adalah burung hasil tangkapan hutan, sehingga burung-burung yang kita beli dipasar adalah burung liar yang sangat takut manusia. Bila burung ini di dekati ada yang cuma terbang ke pojok sangkar, ada juga yang mencoba keluar dari sangkar dengan menerjang jeruji sangkar dan tidak peduli pangkal paruhnya rusak atau berdarah. Kenyataan liarnya burung cucak ijo yang baru dibeli dari pasar membuat kita berusaha untuk menjinakkannya, bagaimana caranya?
Penjinakkan Cucak Ijo
Agar Burung Cucak ijo jadi jinak dan tidak takut dengan manusia adalah dengan pendekatan persuasif, yaitu dengan melakukan tindakan yang positif sehingga burung merasa nyaman bersama manusia. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk prosesnya :
  • Waktu baru sampai dirumah, burung yang baru kita beli tadi sebaiknya digantung diteras yang dekat dengan lalu lalang orang, hal ini bertujuan agar burung terbiasa dengan segala aktivitas manusia yang ternyata familiar dengan burung.
  • Setelah 3 hari dirumah burung dimandikan di pagi hari, jangan buru buru diberi makan, biarkan burung mengeringkan badan dengan sangkar tetap ditaruh ditanah, setelah bulu mengering barulah diberi jangkrik dengan tangan, bila tidak mau anda bisa menggunakan alat bantu lidi. Kemudian burung digantung kembali di teras.
  • Di malam hari burung untuk sementara tidak usah dikerodong, gantung diruang tengah yang ada aktivitas manusia, agar burung terbiasa bergaul dengan aktivitas manusia.
  • Setiap hari sebaiknya burung dimandikan, dijemur seperti diatas, diberi makan pakai tangan atau lidi. Selain itu burung juga diajak jalan ke pinggir jalan agar terbiasa dengan kendaraan yang lalu lalang, lihat orang bawa payung dan pedagang keliling.
  • Terapi Lapar, untuk mempercepat penjinakkan, tips lainnya adalah dengan terapi lapar, berikan buah pisang dengan jumlah yang terbatas, misalnya setengah potong saja. Setelah sore habis, biarkan saja. anda cukup memberi jangkrik 3 ekor dengan tangan atau lidi. Esok harinya baru diberi pisang lagi dengan porsi yang sama.
Itulah beberapa upaya yang patut dicoba untuk menjinakkan burung cucak ijo, dengan jinaknya burung cucak ijo maka hal itu bisa memicu burung untuk memiliki mental yang kuat dan mau berkicau dimana pun tempat.

2 komentar:

  1. Pengganti jangkrik untuk burung cucak hijau. Higienis, mudah dicerna dan telah teruji kandungan nutrisinya.

    Klik link dibawah ini untuk detailnya
    Pengganti jangkrik untuk burung cucak hijau

    BalasHapus
  2. Setelah tidak takut dengan manusia sebaiknya burung diberikan settingan agar gacor dalam setiap situasi seperti berikut ini..

    Setelan Lomba Burung Cucak Ijo Jambul Ngentrok

    BalasHapus

 

Tentang Kami

Cara Jitu Membuat Burung Jadi Juara, mengatasi Problem Burung Yang Macet